07.00-20.00 WIB
0823-2687-6757
0823-2687-6757
0823-2687-6757
D5C4F545
Menu

Safety Riding for Kids, Anak Wajib Pakai Helm

Kamis, Oktober 19th 2017.

Membiasakan keselamatan berlalu lintas sedini mungkin merupakan hal yang baik demi masa depan sang anak hingga menjadi habbit positive. Salah satu cara yang paling sederhana adalah dengan menggunakan helm dan menyeberang jalan di zebra cross atau jembatan penyeberangan.

Alasan orangtua tidak memakaikan helm pada anak, biasanya jarak tempuh yang dekat atau tidak ada pengawasan polisi lalu lintas yang berjaga. Padahal hal ini dapat membahayakan nyawa anak.

Tidak mematuhi standar keamanan pada saat naik kendaraan bermotor, terutama membahayakan karena perlindungan tidak optimal saat terjadi kecelakaan, bahkan mengancam jiwa.

Menurut Undang-undang No.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 57 yang berisi :

(1) Setiap Kendaraan Bermotor yang dioperasikan di Jalan wajib dilengkapi dengan perlengkapan Kendaraan Bermotor.

(2) Perlengkapan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bagi Sepeda Motor berupa helm standar nasional Indonesia.

maka bagi pengguna sepeda motor wajib memakai helm dan aturan ini berlaku menyeluruh tidak terbatas hanya utk pengemudi saja atau penumpang saja dan juga tidak ada ketentuan umur, artinya jika berkendara motor maka anda harus menggunakan helm untuk keselamatan tak terkecuali anak anda. Sayangnya, masih saja ada orang tua yang enggan membiasakan anaknya menggunakan helm saat naik motor.

Melihat kondisi itu polisi berupaya mensosialisasikan pentingnya penggunaan helm utk anak salah satunya dengan membagi-bagikan helm gratis. Seperti yg telah dilakukan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polda DIY yg membagikan helm khusus anak gratis ke pengendara, Senin (25/9/2017) lalu. Total ada 1000 helm dibagikan ke sejumlah titik, salah satunya di simpang empat Tugu Pal Putih, Yogyakarta. SUMBER

The Global Status Report on Road Safety 2015 yang dikeluarkan oleh World Health Organization (WHO), menyatakan angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas telah mencapai 1,25 juta per tahun di seluruh dunia. Sedangkan di Indonesia sendiri, tidak kurang dari  36 persen kecelakaan yang terjadi pada pengguna sepeda motor, menyebabkan korban meninggal dunia.

Manfaat Mengenakan Helm

Mengenakan helm merupakan cara melindungi kepala dari benturan saat mengalami kecelakaan. Tak hanya orang dewasa saja yang disarankan untuk mengenakan helm, anak juga perlu diberi perlindungan dengan mengenakan helm saat berkendara.

Adapun manfaat penggunaan helm dalam berkendara diantaranya diantaranya:

1. Melindungi Kepala dari Benturan Saat Kecelakaan

Apa yang terjadi jika tiba-tiba kita terpental dari sepeda motor yang sedang melaju kencang? Kemungkinan besar kepala kita akan membentur sesuatu saat mendarat entah itu aspal, batu, pagar pembatas, pohon, rumput dan lain sebagainya. Data menunjukkan, penggunaan helm yang benar dapat menekan risiko kematian hingga 30%. Dan Sebuah penelitian mengungkapkan, penggunaan helm saat berkendara dapat mengurangi risiko cedera otak dan juga kematian akibat dari kecelakaan yang dialami.

2. Melindungi Mata dari Angin, Debu dan Kotoran serta Benda Keras Lainnya

Cobalah anda pacu sepeda motor anda secepat mungkin tanpa menggunakan helm. Sudah pasti tidak akan nyaman berkendara dengan cara seperti itu. Ada banyak ketidaknyamanan yang bisa berujung pada kecelakaan jika berkendara sepeda motor tanpa helm yang ada kaca pelindungnya, yaitu seperti :
– Mata kelilipan debu dan kotoran sehingga sulit melihat dengan jelas
– Kepala bisa cedera jika terkena timpukan atau jatuhan benda keras
– Angin yang kencang bisa menyebabkan penyakit bell’s palsy yang berbahaya
– Dapat merusak paru-paru jika terus-menerus menghirup udara yang bergerak cepat
– Wajah, leher dan rambut akan kotor dan terlihat berantakan sesampainya di tempat tujuan
dan masih banyak lagi dampak buruk negatif lainnya, sehingga akan jauh lebih baik bagi kita untuk selalu mengenakan helm standar yang berkualitas demi kebaikan kita bersama.

3. Melindungi Kepala dari Panasnya Terik Matahari

Tahukah anda bahwa sengatan sinar matahari yang terus-menerus mengenai kulit kita dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh kita. Kulit kita bisa terkena kanker kulit yang sangat berbahaya. Belum lagi kulit bisa terbakar oleh sinar matahari sehingga akan terasa tidak nyaman. Selain itu kulit kita pun akan berubah menjadi lebih gelap / hitam sehingga akan mengurangi keindahan penampilan kita di depan orang lain.

4. Melindungi Kepala dari Basah Air Hujan

Saat hujan turun, helm akan sangat membantu kita untuk membuat kepala, wajah dan rambut kita tetap kering tidak kehujanan. Kombinasi setelan mantel hujan, sepatu bot dan helm cukup untuk menaklukkan hujan ketika berkendara dengan sepeda motor. Bagi sebagian orang, daerah kepala harus tetap kering agar tidak jatuh sakit, sehingga akan sangat terbantu sekali oleh helm ketika hujan jatuh secara mendadak di tengah jalan. Jika menggunakan helm tidak standar seperti helm cetok / helm proyek, maka kemungkinan untuk basah pada bagian kepala sangat besar.

5. Membuat Penampilan Menjadi Lebih Baik (Estetika)

Helm bisa menunjukkan serta meningkatkan status sosial / kelas sosial seseorang. Ada banyak orang yang ekonominya menengah ke bawah menjadi terlihat berasal dari kalangan elit dengan sepeda motor keren dan kelengkapan berkendara yang keren pula termasuk helmnya. Tanpa helm yang bagus dan bersih, maka rasa percaya diri seseorang bisa turun. Helm yang keren beserta pakaian biker keren lainnya bisa menipu orang lain yang melihatnya, karena seseorang yang biasa-biasa saja bisa berubah menjadi sangat keren.

Mengajari Anak Mengenakan Helm

Menggunakan helm saat berkendara memang sangat dianjurkan demi keamanan. Namun membiasakan anak menggunakan helm saat berkendara bukan selalu hal yang mudah. Perasaan tidak nyaman dan merasa tidak bebas kerap menjadi alasan anak menolak untuk mengenakan helm.
Nah, agar anak mau menggunakan helm, berikut hal yang bisa dilakukan:

  • Biarkan anak memilih helm sendiri
Saat memilih helm, sesuaikan dengan ukuran kepala agar pas dan tidak mudah terlepas saat dikenakan. Pastikan pula kait pada dagu terpasang dengan sempurna saat helm dipakai. Nah, agar tertarik untuk menggunakan helm, biarkan anak untuk memilih helm yang disukainya agar anak senang saat mengenakannya, apalagi saat ini banyak model helm dengan karakter-karakter kesukaan anak seperti INI.
  • Jadikan sebagai kebiasaan sehari-hari
Membiasakan anak untuk mengenakan helm sejak dini akan membuat anak terbiasa mengenakan helm ketika sudah besar nanti. Kebiasaan baik ini bisa Anda mulai dengan mengajak anak untuk mengenakan helm saat mereka sedang bermain sepeda. Nah, jika anak terbiasa mengenakan helm tanpa Anda memintanya, berikan pujian atas inisiatif baik tersebut.
  • Berikan contoh
Anak merupakan peniru yang ulung. Karena itu, berikan contoh berupa kebiasaan mengenakan helm saat sedang berkendara, tidak terkecuali saat bersepeda.
  • Beri informasi tentang manfaat mengenakan helm
Berikan informasi kepada anak terkait pentingnya penggunaan helm. Beritahu bahwa helm dapat melindungi dari cedera kepala yang mungkin dapat mengancam jiwa. Anda bisa menjelaskan mengapa para pembalap sepeda menggunakan helm saat bertanding agar anak dapat mengerti bahwa penting menggunakan helm saat berkendaraan.

Jadikan helm saat naik sepeda motor sebagai kebiasaan pada anak. Lakukan tips diatas agar anak tidak keberatan memakai helm dan menjadikan hal itu sebagai kebiasaan sehari-hari. Jika anda ingin membelikan helm kesukaan anak silahkan pilih di helmanakjogja.com

Sale
Rp 75.000
Sale
Rp 75.000
Sale
Rp 75.000
Sale
Rp 75.000
Sale
Rp 75.000
New
Rp 150.000