fbpx
07.00-20.00 WIB
0822-4243-6757
0823-2687-6757
0823-2687-6757

Menu

Benarkah 71% anak di Jogja diantarkan ke sekolah tanpa Helm ?

Selasa, Oktober 16th 2018.

 

TAHUKAH ANDA ?.

Menurut riset satlantas polda DIY tahun 2017 terhadap 34 SD di DIY, ada sebanyak 71% anak yg membonceng orangtua nya ketika pergi ke sekolah maupun pulang sekolah TIDAK MENGGUNAKAN HELM.

Padahal semua orang yg pernah naik motor atau punya sepeda motor pasti tahu menggunakan helm itu wajib, bukan hanya karena sudah ada peraturan undang-undangnya yg jika dilanggar bisa ditiliang polisi, tetapi juga buat keselamatan, sudah banyak bukti orang yg tidak menggunakan helm dan kecelakaan akhirnya tewas, dan tahukan anda jumlah kematian akibat kecelakaan per-tahun di Indonesia itu lebih besar dari kematian akibat penyakit bahkan bencana alam sekalipun..ihh ngeri ya 

Lalu bagaimana dengan keselamatan anak-anak kita ketika berboncengan saat di motor ???

Entah benar atau tidak, ada sebuah pernyataan yg menyebutkan, “Jika Polisi tidak ada maka sebagian besar pengendara motor akan enggan memakai helm, contohnya di jalan-jalan sepi/jalan kampung (bukan jalan protokol) yg traffic lalu lintasnya minim dan tidak ada pengawasan polisi banyak yg tidak memakai helm ketika naik motor.”

Hmm.. mungkin ada benarnya juga..mungkin banyak yg belum paham tentang UU penggunaan helm :

Menurut Undang-undang No.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 57 yang berisi :

(1) Setiap Kendaraan Bermotor yang dioperasikan di Jalan wajib dilengkapi dengan perlengkapan Kendaraan Bermotor.

(2) Perlengkapan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bagi Sepeda Motor berupa helm standar nasional Indonesia.

menurut UU diatas artinya tidak ada pengecualian, baik di jalan sepi ataupun ramai, anak-anak maupun dewasa, wanita atau pria, semua wajib memakai helm ketika naik kendaraan sepeda motor.

Lalu kenapa masih banyak yg melanggar ?..

SOLUSINYA..

Mengajarkan anak safety riding !

Sebuah quote menyebutkan “Bagaimana kita bersikap kepada anak kita, begitulah mereka akan bersikap kepada kita. Maka bijaksanalah dan berikan sikap tauladan yg baik kepada mereka”

Anak-anak adalah peniru ulung, semua yg mereka lihat, dengar dan perhatikan akan diserap utuh sama mereka apapun itu baik ataupun buruk. Dan inspirasi terbesar dan pertama mereka adalah lingkungan terdekat sehari-hari yaitu kedua orang tua mereka.

Sebagai orang tua yg juga rider dewasa, sudah sepatutnya kita memberikan contoh terbaik, mematuhi semua aturan safety riding, tidak saja akan menyelamatkan kita dari celaka juga akan menjadi inspirasi dan suri tauladan yg baik kepada anak-anak kita.

Selanjutnya adalah sudah tugas kita memberikan fasilitasnya, dan untuk kategori anak-anak yg belum cukup umur (belum layak mengendarai motor sendiri atau belum punya SIM) adalah dengan memberikan mereka perangkat keselamatan ketika membonceng rider di sepeda motor, yaitu Helm.

Mulai kapan atau sejak usia berapa kita seharusnya memakaikan helm kepada anak ?

Mengajari hal baik kpd anak sejak dini sangatlah dianjurkan, karena usia balita itu adalah golden age jadi semua yg dia serap pada usia ini bisa menjadi karakternya seumur hidup.

Memakai helm adalah perilaku baik saat berkendara roda 2, dan memakaikan anak helm sejak usia dini bisa menjadi kebiasaan baik baginya kelak. Sejak usia kapankah, menurut UU Lalulintas tidak ada batasan usia, jadi jika kita sudah mulai mengajak anak kita naik motor maka seharusnya sejak saat itulah kita memakaikan dia helm, usia berapa, sewajarnya sejak dia sudah bisa duduk sendiri berboncengan di sepeda motor bersama orang tuanya, mungkin bisa dimulai sejak usia 1 th, saat ini sudah banyak helm anak yg kecil dan ringan serta lucu dengan karakter kesukaan anak-anak.

Pada awal-awal terkadang anak merasa risih memakai penutup kepala, tapi itu hanya faktor keterbiasaaan saja, makanya para produsen helm menghiasi helm anak-anak dengan karakter-karakter kartun kesukaan anak atau yg sedang populer saat ini, dengan melihat karakter kesukaan mereka akhirnya merekapun mau memakai helm, dan jika sudah terbiasa memakai helm DIJAMIN mereka akan dengan sendirinya mencari dan memakai helmnya ketika hendak berpergian.

Memakai helm anak, solusi orang tua bijak dan anakpun senang. Ingin melihat berbagai jenis helm anak yg lucu dan pasti disukai anak-anak, kunjungi saja www.helmanakjogja.com

New
Rp 50.000
New
Rp 50.000
Sale
Rp 50.000
Limited
Rp 175.000
Limited
Rp 175.000
Limited
Rp 175.000